Jumat, 15 Juli 2011


Sepak bola di alun alun Bandung tempo doeloe

Permainan sepak bola dikenal di Bandung sejak tahun 1900-an. Karena pada waktu itu belum ada lapangan sepak bola yang di bangun secara khusus, pertandingan sepak bola diadakan di alun-alun Bandung dari tahun 1900 sampai 1905.

Setelah alun alun tidak boleh digunakan, pertandingan sepak bola beralih ke lapangan Gemeente yang sekarang menjadi area parkir Balai Kota. Namun penggunaan lapangan ini sebagai arena sepak bola tidak berlangsung lama, karena dianggap menimbulkan kebisingan oleh gereja Bethel di Logeweg ( jl. Wastukencana) dan Gereja Katolik di Merdikaweg (jl. Merdeka)

Akhirnya lapangan sepak bola berpindah lagi ke Lapangan Javastraat. (lahan kosong diantara Javastraat, rel kereta api, Soematrastraat dan Sundastraat) - straat = jalan. Dilapangan inilah klub sepak bola tertua di Bandung berlatih - BVC ( BandongscheVoetbal Club- 1900) angotanya orang-orang Belanda. Ada juga club UNI (Uitspaning Na Inspaning) artinya Bersenang-senang setelah bekerja keras yang terbentuk pada 1903. Sidolig (Sport in de Openlucht is Gezond - 1905) - Olahraga di udara terbuka adalah sehat. Juga ada club Sparta, Velocitas dan Luno.

Lapangan Javastraat pernah menjadi arena pertandingan kesebelasan sepak bola Bandoeng melawan kesebelasan dari Batavia (Bataviase Voetbal Club) dan juga Soerabaya ( Quick, de Krokodillen)

Pada tahun 1914 Residan Priangan tidak mengijinkan lagi lapangan Javastraat disewakan sebagai lapangan sepak bola. Akhirnya lapangan sepak bola kembali lagi ke alun alun Bandung, dengan disewakannya kepada club sepak bola UNI.

Setelah alun alun tidak diperbolehkan lagi sebagai lapangan sepak bola, pada tahun 1924 UNI akhirnya membeli lahan untuk dibangun lapangan sepak bola di Karapitanweg (jl. Karapitan), dan Sidolig juga membangun lapangan sepak bola sendiri di Groote Pastweg yang sekarang menjadi Jl. A. Yani, yang akhirnya menjadi stadion PERSIB sekarang.

Ikatan sepak bola Pribumi adalah Bandoeng Indische Voetbal Bond (BIVB) dan National Voetbal Bond (NVB) dan digabung menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung. (PSIB) - cikal bakal PERSIB.

Gambar - gambar di bawah adalah pertandingan sepak bola di alun alun Bandung pada masa 1914-1921.